Facebook Fans

Map Visitor

Rabu, 13 Juli 2011

Claude Monet




Pelukis impresionis Prancis, Claude Oscar Monret, dilahirkan di Paris pada 14 November 1840. Namun, masa kecilnya dihabiskan di Le Havre tempat ayahnya membuka toko grosir. Pada usia 15 tahun, ia mulai menjual lukisannya di jalan dan 4 tahun kemudian memutuskan untuk menjadi pelukis dan pergi belajar di Academie Suisse, Paris. Setelah terpaksa mengikuti wajib militer, di tahun 1862 ia kembali ke Paris dan belajar di bawah bimbingan Charles Gleyre. Di tempat itu, ia bersahabat dengan Edouard Manet dan Pierre Renoir.
Monet dikenal akan detail yang luar biasa pada karyanya, sapuan-sapuan kuas ringan, warna-warna yang berani, dan efek cahaya yang berubah-ubah. Sukses pertamanya simulai dari Gaun Hijau, Lukisan Istrinya, Camile, yang diterima galeri Salon. Namun karya-karya berikutnya selalu di tolak sehingga ia jatuh miskin dan terpaksa maminjam uang kepada teman-temannya untuk membeli peralatan melukis. Pada tahun 1874, Monet, Camile Pissaro, Edgar Degas, Paul Cezanne, dan beberapa pelukis lainnya membuat pameran di Paris. Ini lebih baik daripada memamerkannya di salon Des Refuses. Pada 1880, setelah istrinya meninggal, sebuah lukisan Monet siterima di salon. Namun karena Monet tidak menyukai posisi diberikan pada lukisan itu , ia menolak memamerkan karyanya di sana lagi.
Kata impresionisme, sebuah gerakan yang berciri pengamatan langsung terhadap alam, berasal dari salah satu lukisan Monet, impression, sunrise (1872). Seorang kritikus mengatakan bahwa karya ini mengingatkannya pada hiasan dinding karena lukisan ini tampak seperti sketsa dan belum selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar





MY MUSIC


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com
Copyright & copy; 2010 brianvstemon.blogspot.com

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009