Facebook Fans

Map Visitor

Senin, 13 Juni 2011

10 TIPS & TRIK MENGGUNAKAN GOOGLE



Mungkin selama ini kita hanya kita hanya menggunakan Google dengan format pencarian yang sederhana, yaitu menulis beberapa kata dan mengubah-ubah kata tersebut sampai kita mendapatkan file atau artikel yang kita inginkan. Terkadang butuh waktu yang lama, malah sering juga muncul link-link situs yang sama sekali tidak sesuai dengan yang diharapkan. Nah, saya akan mengulas 10 cara menggunakan Google agar lebih cepat dan efektif.

1. Ungkapkan secara eksplisit dengan tanda petik
Misalnya kita ingin mencari informasi mengenai novel islami, maka daripada hanya mengetik novel islami, lebih baik mengetik “Novel Islami” di box Google Search dengan menggunakan tanda petik untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih tepat.

2. Kesapingkan kata yang tidak diperlukan
Bila kita ingin mencari informasi mengenai novel islami, namun kita tidak mengharapkan hasil yang berkaitan dengan penerbit. Maka gunakan tanda strip (-) di depan kata tersebut. Misalnya : novel islami-penerbit.

3. Mencari informasi tertentu di sebuah situs
Bila di sebuah situs yang kita buka tidak menyediakan fasilitas pencarian, maka kita dapat mencarinya menggunakan Google Search. Contoh : “islam” site : www.forumlingkarpena.net

4. Sertakan Tipe Dokumennya
Jika kita hanya menginginkan hasil pencarian dengan tipe dokumen tertentu, maka kita dapat menggunakan tambahan keterangan “filetype”. Misalnya kita mencari dokumen power point,(ppt) yang berhubungan dengan novel islam, maka ketik : “novel islam” filetype :ppt. google mendukung tipe dengan format file antara lain :Adobe PortableDocument Format (pdf), Microsoft Excel (xls), Microsoft Power point (ppt), Microsoft Word (doc), dan Text (ans, txt).

5. Mendefinisikan kata
Bila anda ingin mendapatkan definisi dari sebuah kata atau istilah, maka kita dapat mengetik di google Search dengan perintah define, dan akan keluar hasil pendefinisian kata tersebut dari berbagai sumber. Contoh : define : novel

6. Film dan Musik
Untuk informasi tentang film dan musik, kita dapat menggunakan perintah: “Movie:” dan “Music” . contoh : “Movie: turtle can fly”

7. Bila lupa Keyword ( kata kunci ), gunakan tanda bintang ( * )
Misalnya kita ingin mencari lirik lagu sebuah lagu tetapi lupa judulutuhnya, contoh : “leaving on a *” didapat daftar hasil pencariannya di antaranya lgu Leaving on a Jet Plane, yaitu lagu yang sebenarnyakita nginkan.

8. Mencari secara spesifik
Tahukah anda, Google Search memiliki banyak rahasia diantaranya menyediakan pencarian yang lebih spesifik. Misalnya untuk pencarian blog, sobat nida dapat berkunjung ke : http://blogsearch.google.com/. Untuk buku : www.books.google.com, untuk pencarian video di http://video.google.com/, dan lain-lain.

9. Menghitung satuan ukuran dan kalkulator
Kita dapat menggunakan Google untuk konversi yang cepat misalnya dari inchi ke meter, ketik saja : 12 inches = 0,3048 meter. Lalu ada juga fungsi kalkulator. Terkadang lebih cepat cepat lagi melakukan perhitungan standar di Google dengan menggunakan tanda : +, -, /, dan *.

10. Advanced Search
Nah, bila sobat tidak ingin perintah-perintah Google di atas, kita bisa selalu menggunakan Google’s advanced search untuk pencarian yang lebih tepat dan spesifik yang telah disediakan oleh Google, yaitu di : www.google.com/advanced _search

[ sumber : ANNIDA No. 12/XVII ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar





MY MUSIC


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com
Copyright & copy; 2010 brianvstemon.blogspot.com

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009