Facebook Fans

Map Visitor

Minggu, 19 Juni 2011

W.A Mozart



Wolfgang Amadeus Mozart merupakan salah satu musisi paling terkenal sepanjang masa. Mozart lahir di Salzburg, Austria pada tahun 1756. Sejak usia 6 tahun, ia dan kakak perempuannya telah berkeliling Eropa bersama ayahnya, Leopold, yang seorang pemain biola dan composer. Mozart kecil ini pun menjadi anak ajaib yang menarik perhatian banyak orang karena kepiawaiannya dalam memainkan clavier, biola, dan organ. Bahkan, ia pun kemudian mampu memainkan harpsichord dan piano.
Pertemuannya dengan Johann Crishtian Bach, putra J. Sebastian Bach, di London, 1764 menghasilkan simfoni pertamanya. Pada usia 11, ia mengubah sonata-sonatapiano komposer lain menjadi 4 konserto pianonya yang pertama dengan tambahan interlude dan episode untuk orchestra. Pada 1768, ia menulis opera buffa (opera komedi) untuk pertama kali dengan judul La Finta Semplice (Niat Sederhana) dan operet Jerman, Bastien Und Bastienne. La Finta Semplice dipertunjukan pertama kali padatahun berikutnya dengan Mozart sebagai corcertmaster (pemain biola utama).
Pada 1769-1773, Mozart dan ayahnya melakukan perjalanan ke itali. Pada masa ini, ia sangat produktif dalam menulis simfoni, opera, kuartet gesek, dan berbagai karya rahasia. Di Milan, ia diminta menulis opera seria, opera italia bertema kepahlawanan. Mithridas, Raja Pontus ditampilkan pada 1770 dan menjadi terkenal. Mozart pn kemudian dianugrahi gelar ksatria Orde Spur Emas. Dari Itali, ia melanjutkan perjalanannya ke Mannheim dan Paris. Di sana ia memperoleh ketenaran dan kekayaan.
Setelah itu, ia kembali ke Salzburg dan menjadi concertmaster. Hidupnya yang penuh dengan kemewahan dan kegemarannya berjudi membuatnya mengalami kesulitan keuangan pada masa akhir hidupnya. Mozart meninggal pada 5 Desember1791 pada usia 35 tahun, dalam kesulitan ekonomi. Kesuksesan Die Zauberflote (Flute Ajaib) tidak dapat dinikmatinya. Opera seria terakhirnya, pengampunan Titus, dibuat pada bulan September. Sedangkan karya terakhirnya yang belum sempat diselesaikan adalah Requiem Mass in D Minor (misa kematian dalam D minor) yang dibuat di tempat tidurnya tepat menjelang kematiannya.
Mozart melahirkan lebih dari 600 karya meliputi 41 simfoni, 27 konserto, 23 kuartet gesek, 17 sonata piano, 7 opera besar, dan karya-karya untuk nyanyian dan alat music lainnya. Karya opera lainnya yang terkenal adalah pernikahan Figaro (1786), Don Giovani (1787), dan Cosi fan Tutte (semua wanita seperti itu, 1790). Sedangkan karya music lainnya yang terkenal adalah Piano Concero No.9 in E-flat Major (jeunehomme, 1777) dan Einne kleine Nachtmusik ( music malam kecil, k. 525, 1787). Karya-karya Mozart kemudian dikatalogisasi ileh Ludwig Von Kochel pada 1862 dan penomoran kochel ini digunakan sebagai standar untuk merujuk karya Mozart. Jeunehomme Concerto, misalnya, disebut k. 271.

[ sumber : berbagai sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar





MY MUSIC


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com
Copyright & copy; 2010 brianvstemon.blogspot.com

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009