Facebook Fans

Map Visitor

Rabu, 04 Mei 2011

Herman Boerhaave

Herman Boerhaave (Voorhout, 31 Desember 1668 - Leiden, 23 September 1738) adalah seorang ahli botani Belanda, humanis dan dokter ketenaran Eropa. Ia dianggap sebagai pendiri ajaran klinis dan rumah sakit akademis modern. Prestasi utamanya adalah untuk menunjukkan hubungan gejala lesi.


Oud Poelgeest Castle, rumah Herman Boerhaave di Oegstgeest, dekat Leiden. Ini adalah lokasi taman botani outdoor nya yang terkenal selama masa hidupnya dan disaingi Hortus Cliffortianus, taman temannya dan sponsor untuk Linnaeus. Ia melakukan perjalanan bolak-balik ke kebun temannya dan ke Universitas Leiden oleh trekschuit.

Ia dilahirkan di Voorhout dekat Leiden. Memasuki Universitas Leiden ia mengambil gelar di bidang filsafat tahun 1689, dengan disertasi De distinctione Mentis sebuah corpore (pada perbedaan pikiran dari tubuh), di mana ia menyerang doktrin Epicurus, Thomas Hobbes dan Spinoza. Dia kemudian beralih menjadi mahasiswa kedokteran, di mana ia lulus pada 1693 di Harderwijk di Gelderland saat ini. Pada 1701 ia diangkat sebagai dosen di institut kedokteran di Leiden, dalam wacana pengukuhannya, De commendando Hippocratis studio, ia dianjurkan untuk murid-muridnya yang dokter besar sebagai model mereka.
Pada 1709 ia menjadi profesor botani dan obat-obatan, dan dalam kapasitas yang dia lakukan pelayanan yang baik, tidak hanya untuk universitas sendiri, tetapi juga untuk ilmu botani, oleh perbaikan dan penambahan pada taman botani Leiden, dan oleh berbagai publikasi deskriptif spesies baru tanaman bekerja. Pada tahun 1714, ketika ia diangkat rektor universitas, dia berhasil Govert Bidloo di kursi obat praktis, dan dalam kapasitas ini ia memperkenalkan sistem modern instruksi klinis. Empat tahun kemudian ia diangkat ke kursi kimia juga. Pada 1728 ia terpilih ke dalam Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis, dan dua tahun kemudian ke Royal Society of London. Pada 1729 kesehatan menurun wajib baginya untuk mengundurkan diri dari kursi kimia dan botani, dan ia meninggal, setelah sakit berlama-lama dan menyakitkan, di Leiden.
Reputasinya sehingga meningkatkan ketenaran dari Universitas Leiden, terutama sebagai sekolah kedokteran, yang menjadi populer dengan pengunjung dari setiap bagian dari Eropa. Semua pangeran Eropa menyuruh dia murid, yang ditemukan dalam profesor terampil tidak hanya seorang guru tidak kenal lelah, tapi sayang wali. Ketika Peter Agung pergi ke Belanda pada 1716 (dia berada di Belanda sebelum tahun 1697 untuk mengajar dirinya sendiri dalam urusan maritim), dia juga mengambil pelajaran dari Boerhaave. Linnaeus melakukan perjalanan untuk melihat dia, seperti yang dilakukan Voltaire. Reputasinya tidak terbatas ke Eropa, sebuah mandarin Cina mengiriminya surat yang ditujukan kepada "Boerhaave terkenal, dokter di Eropa," dan mencapai dia pada waktunya. Operasi teater dari Universitas Leiden di mana ia pernah bekerja sebagai ahli anatomi adalah sekarang di pusat sebuah museum yang dinamai menurut namanya, Museum Boerhaave.
Boerhaave pertama kali menggambarkan sindrom Boerhaave, yang melibatkan robeknya kerongkongan, biasanya akibat dari muntah kuat. Dia terkenal dijelaskan dalam 1724 kasus Baron von Jan Wassenaer, seorang laksamana Belanda yang meninggal karena kondisi ini mengikuti pesta rakus dan regurgitasi berikutnya [1] Kondisi ini seragam fatal sebelum teknik bedah modern yang memungkinkan perbaikan kerongkongan..
Boerhaave bersikap kritis terhadap Belanda kontemporer nya, Baruch Spinoza, menyerang dia dalam disertasinya di 1689.

[ Sumber : wikipedia ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar





MY MUSIC


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com
Copyright & copy; 2010 brianvstemon.blogspot.com

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009